Proyek pengembangan cara belajar baru secara digital menggunakan Samsung Galaxy Note 10.1 yang digagas oleh Institute of Play. Pengembangan tidak hanya berpusat pada penggunaan perangkat keras canggih, namun justru lebih ditekankan pada pengembangan medote pembelajaran. Hal terpenting adalah pada percobaan untuk merubah paradigma pembelajaran yang selama ini berpusat pada transfer materi belajar ke siswa, menjadi siswa subjek dalam pencarian dan pendalaman pengetahuan. Percobaan pembelajaran dilaksanakan dengan mitra ChicagoQuest. Sangat menarik untuk juga dicoba kembangkan di Indonesia.
Kerjasama dilakukan antara game designer, curriculum designer, dan para guru. Salah satu yang dicoba adalah penggunaan "game-like learning" atau pembelajaran seperti bermain game. Dalam percobaan terlihat bagaimana para siswa sangat bersemangat karena adanya dorongan untuk "naik level" seperti yang terjadi dalam bermain game.
Kerjasama dilakukan antara game designer, curriculum designer, dan para guru. Salah satu yang dicoba adalah penggunaan "game-like learning" atau pembelajaran seperti bermain game. Dalam percobaan terlihat bagaimana para siswa sangat bersemangat karena adanya dorongan untuk "naik level" seperti yang terjadi dalam bermain game.
0 Comments