Search

Sibejoo.com: Membangun Khan Academy di Indonesia

Kumpulan beberapa anak muda yang menamakan dirinya Sibejoo ini punya mimpi dan semangat yang pantas diberi apresiasi tinggi. Dengan modal yang sangat minim, mereka mencoba membangun sesuatu yang belum banyak (bahkan tidak ada) orang yang melakukannya di negeri materialistis ini. Hingga hari ini channel Youtube Sibejoo sudah memiliki 1.122 video dengan ribuan view. Apa isi video yang dibuat "homemade" oleh anak-anak muda ini? Pelajaran! Gratis! Dengan kualitas setara bimbingan belajar top Indonesia. Bahkan tidak kalah dengan materi yang dibuat oleh Khan Academy. Kehebatannya? Semua materi dibuat dalam Bahasa Indonesia, sesuatu yang membuat jutaan anak-anak Indonesia akan bisa menggunakannya. Apakah ada inisiatif seperti ini dari Kemdikbud yang memiliki anggaran raksasa? Tentu ada seperti di TV Edu. Namun apakah efektif? Sangat perlu dievaluasi karena proyeknya selalu "raksasa" karena berbasis proyek, tidak terlalu peduli dengan efektivitas.

Setelah membuat sendiri ribuan video di channel terbuka YouTube, saat ini Sibejoo mencoba melangkah lebih jauh dengan membuat "interface" ala portal agar ribuan bahkan mungkin ratusan ribu video yang akan dibuatnya di masa depan lebih mudah diakses secara sistematis. Maka muncullah http://sibejoo.com/ yang saat tulisan ini dibuat masih dalam tahap beta version atau percobaan.

Silakan dimanfaatkan. Saya yakin anda akan dapat mendapat manfaat dari hasil kerja anak-anak muda patriotik ini. Dia hanya bekerja mengikuti idealismenya, tidak takut video-videonya dibajak atau di download sembarangan, tidak takut "miskin" karena menghabiskan waktu sangat panjang mengerjakan proyek yang belum jelas prospeknya secara finansial. Ayo dukung anak-anak muda ini...!

Post a Comment

0 Comments