Search

Materi Video TV Edukasi di YouTube

Materi pembelajaran berbentuk video berbahasa Indonesia sudah semakin banyak beredar dan dipublikasi secara terbuka di Internet, baik yang diproduksi secara resmi oleh institusi terkenal maupun oleh publisher individual yang dibuat sangat sederhana. Namun semua itu tentu saja semakin memperkaya khasanah materi pembelajaran digital berbahasa Indonesia yang tersedia secara terbuka dan bisa diakses bebas oleh publik.

TVE (TV Edukasi) yang dimiliki Kemdikbud pun adalah salah satu produser dan publisher video pembelajaran yang aktif dan besar kontribusinya. Namun sayang TVE hanya menyediakan akses bagi ratusan videonya di situs "semi tertutup" yang dikelola sendiri dan kurang populer, itupun dengan kualitas video yang terbatas. Untuk dapat mengaksesnya, silakan klik link resmi mereka disini (besar harapan bahwa layanan ini bisa bertahan lama dengan link yang permanen dan tidak diganti-ganti sesuai tuntutan proyek). Namun, playlist dari beberapa video mereka juga tersedia di YouTube, silakan klik disini untuk menontonnya.





Berikut playlist dari materi-materi TV Edukasi berdasar mata pelajaran yang terdapat di YouTube:

Materi-materi yang bisa diakses bebas di YouTube ini meliputi Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Klasifikasi Makhluk Hidup, Alat Peredaran Darah, Mata Sebagai Indera Penglihat, Sistem Gerak pada Manusia, Sistem Saraf pada Manusia, Sendi pada Manusia, Bahan Kimia, Partikel Materi, Sifat-Sifat Zat, Sistem Peredaran Darah Manusia, Struktur dan Fungsi Sel, Metabolisme, Sistem Peredaran Darah pada Manusia.

Post a Comment

0 Comments