Search

YouTube EDU untuk Pendidikan

YouTube memiliki layanan khusus untuk dunia pendidikan yang diberi nama YouTube EDU pada alamat YouTube.com/EDU. Pada halaman yang dibuat khusus ini kita akan menemukan tatanan yang rapi dari video-video terpilih dari YouTube yang berhubungan dengan dunia pendidikan. YouTube bekerjasama dengan sebuah organisasi non-profit bernama CUE (Computer-Using Educators, Inc.) yang bekerja untuk memajukan pemanfaatan teknologi bagi pendidikan. Insiatif Google dan YouTube untuk pendidikan ini juga memiliki 2 program lain yaitu YouTube for Schools dan YouTube for Teachers.

YouTube for Schools adalah suatu program khusus bagi sekolah yang ingin mengintegrasikan jaringan komputer lokal sekolah dengan layanan YouTube. Jadi sekolah bisa menjadi anggota dan mengatur agar akses ke YouTube dari jaringan sekolah akan langsung dibawa pada materi pendidikan, bahkan sekolah dapat memilih materi-materi yang disusun kedalam playlist agar bisa diakses secara efektif dan efisien oleh siswa dan guru. Layanan ini juga bisa diintegrasikan dengan Proxy Server di jaringan komputer sekolah agar akses ke video yang sudah dipilih bisa lebih cepat dan tidak terlalu tergantung pada kualitas layanan Internet.

Sedangkan layanan YouTube for Teachers adalah layanan khusus yang memiliki ratusan playlist video yang dibuat dengan standar pendidikan serta disusun berdasar subjek dan tingkatan kelas. Playlist yang ada diciptakan oleh guru untuk guru sehingga para guru dapat lebih fokus untuk mengajar dan tidak menghabiskan waktu percuma untuk pencarian video. Namun tampaknya hampir semua masih dalam bahasa non-Indonesia.

 

Post a Comment

0 Comments