Search

Belajar dengan Nintendo Wii

Game console dan game platform Nintendo Wii begitu populer dan dalam banyak hal sangat revolusioner. Berikut kutipan tulisan dari blog Hikmah Teknologi tentang Wii. Pertanyaan terbesar bagi insan pendidikan terutama di Indonesia adalah seberapa jauh kita bisa memanfaatkan platform hebat semacam ini untuk kepentingan pendidikan? Mampukah kita mencari terobosan untuk mengintegrasikannya kedalam proses belajar formal maupun informal anak kita?

Nintendo benar-benar membuktikan bahwa mereka adalah rajanya dunia game berbasis console. Nintendo Wii, concole game paling populer saat ini membukukan jumlah penjualan yang jauh melampaui 2 saingan abadinya: Microsoft Xbox 360 dan Sony Playstation 3. Bulan Juli ini PS3 akhirnya menyalip Xbox. PS3 terjual 224.900 unit sementara Xbox 204.800 unit, semuanya adalah data bukan Juli 2008 menurut hasil riset pasar NPD Group? Hebatnya lagi, berdasar laporan CNET News, saat game lain seperti PS3, Xbox dan PC berlomba membuat game-game penuh kekerasan, Wii justru malah masuk ke game non-kekerasan yang terbukti malah laku keras. Wii semakin kokoh menjadi game console paling "ramah keluarga" dan paling inovatif dengan terobosan sensor geraknya. Lihat foto ini untuk merasakan kehebatan Wii dalam "masuk" dan memberi nilai lebih dalam keluarga. Hebat... salut... Kapan saya bisa punya ya? Baca juga tulisan saya sebelumnya di blog Hikmah Teknologi antara lain "Gilanya Bisnis Game Software", "Peranan Game Dalam Memacu Kecerdasan Anak" dan "Playstation Vs. Xbox, iPod Vs. Zune".


Hikmahnya bagi kita?

Ditengah semakin banyak orangtua yang sadar betapa dahsyatnya "daya rusak" game semacam ini bagi anak-anaknya, ternyata bisnis ini adalah bisnis yang luar biasa besar. Dengan kekuatan bisnis yang sedemikian besar, perusahaan seperti Nintendo dapat melakukan apa saja untuk "menarik" anak-anak kita dalam pusaran kegilaan terhadap game seperti tercermin dari angka-angka diatas. Bisakah kita menghindarkan anak-anak kita dari pusaran itu dan mengarahkannya ke arah yang positif?

Data yang lebih gila datang dari Microsoft. Sejak tahun 2005 Xbox 360 (hanya seri ini saja, tidak termasuk Xbox versi awal) diluncurkan, pasar telah membelanjakan uang sebesar USD 10,4 milyar (setara Rp 100 triliun) untuk membeli unit-unit console game ini. Edan...! Padahal salah satu game yang paling laku dari Xbox adalah game penuh adegan kekerasan yaitu game berjudul Halo. Bandingkan dengan game dari Wii yang sangat populer seperti Wii Fit (lihat gambar dibawah) yang diperuntukkan untuk keluarga.

Saya akan meng-update anda terus dengan berita-berita lanjutan dari perang bisnis game ini. Sangat menarik karena banyak sekali korelasinya dengan kehidupan kita sehari-hari.

Sumber: Blog Hikmah Teknologi

Post a Comment

0 Comments